Metode dan pendekatan pembelajaran dalam islam

Kat a metode berasal dari yunani. Secara etimologi, kata metode berasal dari dua suku kata perkataan, yaitu meta dan hodos. Meta berarti ‘melalui’ dan hodos berarti ‘jalan’ atau cara.dalam bahasa arab metode dikenal dengan istilah thariqah yang berarti langkah-langkah strategis yang harus dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Dalam bahasa inggris metode disebut method yang berarti cara dalam bahasa indonesia.
Pendekatan merupakan pandangan falsafi terhadap subyek matter yang harus diajarkan dapat juga diartikan sebagai pedoman mengajar yang brsifat relistis/konseptual. Sedangkan teknik/strategi adalah siasat atau cara penyajian yang dikusai pendidik dalam mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada pesertadidik di dalam kelas, agar bahan pelajaran dapat dipahami dan digunakan dengan baik.
Dasar-dasar metode pendidikan islam
• Dasar agamis
• Dasar biologi
• Dasar psikologis
• Dasar sosiologis
Macam-macam metode
• Metode ceramah
• Metode tanya jawab
• Metode diskusi
• Metode pemberian tugas
• Metode demonstari
• Metode eksperimen
• Metode amsal/perumpaman
• Metode targhib dan tarhib
• Metode pengulangan (tikror)

Macam-macam pendekatan dalam pendidikan islam
• Pendekatan pengalaman
• Pendekatan pembiasaan
• Pendekatan emosional
• Pendekatan rasioanal
• Pendekatan fungsional
• Pendekatan keteladanan
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulakan bahwa metode dalam pendidikan islam mempunyai peranan yang amat penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Sebaik apapun materi yang akan kita sampaikan tanpa disertai metode yang tepat dalam pencapaiannya dikhawatirkan esensi dari materi tersebut tidak sampai dan tidak difahami oleh peserta didik

0 komentar:

Posting Komentar